Cara Cepat Menaikkan Level di Ragnarok Online 2 (RO2)

Bagi para pemain game online, khususnya Ragnarok Online 2, mempunyai level yang tinggi merupakan tujuan utama dalam bermain. Semakin tinggi level, semakin bagus pula stats dari equip dan weapon yang dipakai. Semakin bagus stats, semakin mudah pula hunting monster dan party/raid dungeon.

Dengan mencapai level tertinggi (untuk saat ini level 50), player bisa membentuk sebuah raid dan masuk ke raid dungeon (dengan anggota 10 player) yang pastinya lebih seru dari party dungeon. Untuk meraih level 50, pastinya memerlukan proses leveling yang lumayan memakan waktu, apalagi jika belum tahu bagaimana cara cepat untuk menaikkan level.

Agar proses leveling berjalan lebih cepat, berikut sedikit tips bagaimana Cara Cepat Menaikkan Level di Ragnarok Online 2 (RO2) :
  1. Kerjakan quest (misi) & khara secara bersamaan
    Sistem di Ragnarog Online 2 menggunakan 2 jenis quest (misi), yakni quest utama dan khara (Khara shortcut key : O). Apa itu khara? Khara adalah misi sampingan yang bisa membantu player untuk leveling. Selain mendapatkan exp (class & job) setiap khara yang terselesaikan, player juga berkesempatan mendapat title (gelar) yang bisa menambah stats. Tugas pada khara ini biasanya hampir sama dengan misi utama, misalkan misi utama mendapatkan item yang drop dari monster A, biasanya ada khara untuk berburu monster A, jadi bisa dikerjakan secara bersamaan dan pastinya akan menghemat waktu. Terdapat 3 jenis khara :
    • Khara yang harus di chalange (tantang) : Inilah yang harus diperhatikan, Sebab jika tidak di chalange, khara tidak akan sukses meskipun kita sudah melakukan tugas yang diberikan. Notifikasi jika ada khara baru yang terbuka akan ditampilkan di screen kanan bawah.
    • Khara auto chalange : tak perlu khawatir, khara ini akan otomatis terbuka jika persyaratan sudah komplit. Syarat terbukanya sebuah khara bisa dari level (class & job), atau telah menyelesaikan quest / khara tertentu.
    • Hidden khara : sesuai dengan namanya, hidden khara tidak terlihat dan tidak bisa diketahui apa saja syarat untuk menyelesaikannya, kecuali telah menyelesaikan khara tersebut.
  2. Kerjakan quest harian
    Di setiap map (mulai South Plain / Dataran Selatan), disediakan quest yang bisa diambil setiap hari. Exp reward yang didapat dari quest ini lumayan besar untuk menaikkan level.
  3. Acuhkan exp job
    Ragnarog Online 2 menerapkan sistem job. Ada 4 macam job yang bisa dipilih: alchemist, artisant, blacksmith, dan chief. Terdapat 2 pilihan untuk leveling:
    • Leveling class hingga level tertinggi, baru leveling job : cara ini bisa dilakukan jika ingin cepat meraih level class tertinggi, namun harus kembali ke map-map awal setelah mencapai level class tertinggi untuk leveling job.
    • Leveling class bersamaan leveling job : cara ini akan memakan lebih banyak waktu, karena ada waktu tambahan untuk proses hunt bahan craft dan proses crafting. Namun bahan hasil craft (potion, food, equipt, atau weapon) bisa digunakan untuk membantu proses leveling. Tips : "Untuk job artisan dan chief, sangat disarankan menggunakan metode ini, karena bahan craft didapatkan dari monster yang terbunuh."
  4. Skip dungeon
    Lewati quest dungeon dan lanjutkan ke quest berikutnya jika sekiranya belum ada teman untuk party (group). Atau tunggu level meraih beberapa tingkat lebih tinggi dari level dungeon, baru memasuki dungeon tersebut. Setiap dungeon memiliki jangkauan level efektif, misalnya dungeon Wolf Cave (Gua Serigala) efektif untuk player level 15-21. Player dengan level tinggi tentunya akan semakin mudah dalam mencari group party.
  5. Party leveling
    Leveling bersama-sama dalam sebuah group party akan sangat mempersingkat waktu, apalagi class-class yang ikut dalam party tersebut lengkap, terdiri dari tank, DPS, dan support. Masalahnya, item yang drop dari monster akan diperebutkan anggota party.
  6. Gunakan Monster Buster
    Monster buster adalah item untuk quest tambahan yang bisa digunakan untuk mempercepat proses leveling. Monster buster bisa didapat dari NPC di setiap map (mulai South Plain / Dataran Selatan). 



    Monster Buster bisa digunakan sesuai level yang tertera, jika level player belum mencukupi atau melebihi level yang ditentukan, item ini tidak akan bisa digunakan.



    Item ini terdiri dari sebuah quest untuk berburu monster (memilih salah satu jenis dari beberapa jenis monster yang ditawarkan) dan akan mendapat exp jika menyelesaikannya. Menggunakan monster buster bersamaan dengan main quest / khara akan sangat menyingkat waktu untuk menambah exp. Monster Buster dengan jenis yang sama bisa digunakan hingga berkali-kali, jadi tetap bisa di chalange jika tugas sebelumnya telah selesai, selama level masih memenuhi syarat. Tips : "Sesuaikan jumlah pembelian monster buster dengan jumlah monster yang harus dibunuh pada main quest atau khara."
  7. Gunakan Adventurer Battle Manual Order
    Adventurer Battle Manual Order adalah sebuah item mall yang bisa menambah 20% exp yang diterima selama proses leveling. Item ini bisa didapat dalam Premium Pack seharga 3500 koin.



    Item mall seharga 3500 koin tersebut terdiri dari 4 item premium: Adventurer Shop Discount Order, Adventurer Khara Title Scroll, Adventurer Battle Manual Order, dan Pump it Up Pill.
Hal-hal diatas merupakan beberapa cara cepat menaikkan level di Ragnarok Online 2 (RO2).
Baca juga:

4 Responses to Cara Cepat Menaikkan Level di Ragnarok Online 2 (RO2)

  1. Replies
    1. Nicknya Melody :3 itu nick char utama

      Delete
  2. kak mau tanya, itu Adventurer Battle Manual Order harganya brapaan ? apa item itu permanen untuk char kita selamanya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalu beli IM, itu ada di dalam Premium Pack seharga 3500 koin. Kalau pakek zeny, kurang tau :D cek saja langsung di lelang. Itu habis dalam 24 jam efeknya, bukan permanen. Tapi misalkan kita offline, masa aktifnya tidak dipotong

      Delete