Cara Mudah Mendapatkan Zeny di Ragnarok Online 2 (RO2)

Selain mencapai level tertinggi di game (baca: Cara Cepat Menaikkan Level di Ragnarok Online 2), uang/zeny yang didapatkan dalam game juga harus diperhatikan. Pasalnya, untuk kelangsungan hidup suatu char di RO2, dibutuhkan biaya-biaya pendukung, seperti biaya reparasi senjata/armor, biaya flying service, pembelian potion, makanan, dan lain sebagainya.

Selain itu, untuk menambah tingkat profesionalitas suatu char, dibutuhkan biaya-biaya tambahan juga untuk pembelian bahan craft senjata epic, biaya craft, pembelian kartu, pembelian puncher/rune untuk menambah stat, maupun biaya untuk menempa senjata/armor.


Bagi yang belum begitu mengerti bagaimana cara farming zeny, berikut cara mudah mendapatkan zeny di Ragnarok Online 2 (RO2)
  • Menjual item hasil atau bahan craft job
    Item-item seperti Firmament Crystal, Earthly Trace, Root of Life, Monster Fragment, dan Spirit of Ruin akan laku dijual, sebab menjadi bahan craft item yang sering dibutuhkan. Item-item lain yang hanya bisa didapat oleh job tertentu (misal: ingot, herb untuk potion, dll) juga dibutuhkan untuk player dengan job lain yang tidak bisa mendapatkannya.
    Alternatif lain adalah menjual barang yang suah dicraft (barang jadi). misalnya :
    • Alchemist menjual potion. Paling laris adalah Red potion dan buff potion yang menambah STR, INT, atau AGI
    • Artisan menjual armor dan rune. Armor buatan artisan biasanya memiliki stat lebih baik daripada armor reward quest
    • Blacksmith menjual senjata/armor dan puncher. Senjata/armor buatan blacksmith biasanya memiliki stat lebih baik daripada senjata/armor reward quest
    • Chef  menjual buff food. Paling laris adalah buff yang menambah STR, INT, atau AGI
    Penjualan barang bisa dilakukan di Auction house (lelang) atau membuka vendor/toko (Shortcut key Y). Perlu diperhatikan, lokasi pendirian vendor harus disesuaikan dengan kebutuhan level item yang dijual.
  • Membuka jasa craft
    Jika malas mengumpulkan bahan craft untuk dijual, alternatif lain adalah mencari resep craft dan membuka jasa craft.
    • Alchemist bisa menjual jasa craft potion dan oridecon/ernium. Maestro potion akan sangat dibutuhkan untuk player level 50, terutama red potion, jadi usahakan memiliki resepnya. Oridecon dan ernium hanya bisa di craft oleh alchemist (dari powder ke crystal, dan dari crystal ke piece)
    • Artisan bisa membuka jasa craft epic armor, misalnya item-item apostle dengan mencari/membeli resepnya, serta jasa craft rune
    • Blacksmith bisa membuka jasa craft epic weapon/armor, misalnya item-item apostle dengan mencari/membeli resepnya, serta jasa craft puncher
    • Chef bisa membuka jasa craft makanan. Makanan hasil craft chief akan memiliki stat lebih tinggi dibaning makanan hasil drop/beli di NPC.
  • Membuka jasa dungeon
    Jasa disini adalah jasa membantu menyelesaikan suatu dungeon. Yang paling laris untuk masalah ini adalah class Priest. Sesuaikan harga jasa dengan level pemain, jangan menarik harga terlalu tinggi untuk dungeon-dungeon level rendah.
  • Menjual DNA
    DNA hasil drop monster sangat berfariasi harganya, tergantung tingkat kesulitan mendapatkan DNA. Harga mahal biasanya untuk DNA boss dungeon, DNA boss field (khara boss), dan DNA monster yang hanya bisa didapatkan di dalam dungeon.
  • Menjual Card
    Card untuk player level 50 sengan stat yang bagus akan banyak dicari, terutama rare card (kartu biru) atau card set dari dungeon (untuk saat ini server Lyto belum ada card set dungeon untuk level 50). Card yang sering dicari:
    • Poisona Card dengan INT dan AGI yang tinggi
    • Scratch Thief Card dengan VIT yang tinggi
  • Mengerjakan Quest Union (NPC penukaran point saat ini belum ada di server Lyto)
    Union bisa diakses dengan shortcut key ";".



    Pemain yang sudah mencapai level 50, diperbolehkan mengikuti hanya 1 union saja, namun bisa keluar dari union lalu masuk ke union lain. Dengan mengerjakan quest union, union point yang didapat bisa ditukar dengan item-item bahan craft dan dijual. Atau untuk union Alberta Merchant Alliance, bisa langsung ditukar dengan Zenny Bag yang bisa dijual ke NPC untuk mendapatkan zeny.
  • Mengerjakan Quest Harian
    Selain memperbanyak exp (untuk yang leveling) beberapa quest harian juga memberikan reward zeny yang lumayan, terutama quest harian dari 2 map terakhir.



    Quest harian bisa diambil dari boar yang ada di setiap map (Mulai South Plain / Dataran Selatan)
  • Mencari OBB lewat RHD
    Old Blue Box (OBB) yang didapat dari last bost RHD (Random Hard Dungeon) terkadang berisi item bahan craft yang bisa dijual. Jika equip RHD sudah lengkap, akan lebih cepat bila RHD run OBB (hanya menghajar last bos untuk mendapat OBB)
  • Menjual Item Mal
    Cara yang paling mudah untuk mendapatkan zeny adalah menjual Item Mall, namun harus mengorbankan real money. Item yang biasanya sering dicari adalah kostum, aksesoris, dan reset skill atau reset dungeon.

2 Responses to Cara Mudah Mendapatkan Zeny di Ragnarok Online 2 (RO2)

  1. Anonymous6/11/13

    kalau untuk cari aksesoris kayak neckle, cin² dan sebagai nya dimana yaa .. ??
    apa dari drop monster biasa ..?? ( Khusus nya untuk leple 50 )
    Sukses buat blog nya mass ... ^^

    ReplyDelete
  2. Anonymous14/7/16

    biasanya drop di dungeon, tpi craft sendiri juga bisa.. tpi nyari design sama mats nya dlo :3

    ReplyDelete