Cara Memperkuat Senjata dan Armor di Ragnarok Online 2 (RO2)

Build yang baik pada level tertinggi (baca: Cara Cepat Menaikkan Level di Ragnarok Online 2) bukanlah satu-satunya syarat untuk membuat suatu char menjadi pro. Di Ragnarok Online 2, senjata, armor, dan equip yang dipakai, akan sangat mempengaruhi stat yang didapat. Pastinya, setiap player berlomba-lomba untuk mendapatkan item-item epic (item berlatar belakang ungu) yang bisa didapat dari bos dungeon atau hasil craft. Namun, bagaimana cara memperkuat equip-equip yang telah didapat tersebut?

Ada beberapa cara untuk memperkuat senjata dan armor di Ragnarok Online 2, antara lain dengan menempanya dan memasang rune pada lubang yang telah disediakan.

Cara menempa senjata / armor di Ragnarok Online 2

Stats yang ada pada senjata dan equip bukanlah hasil akhir yang didapat. Beberapa dari stats tersebut bisa ditingkatkan dengan menempanya. Batas maksimal penempaan senjata dan armor di sini adalah hingga +10, namun tidak setiap proses penempaan akan berhasil. Jika proses penempaan gagal, item dan biaya yang digunakan untuk bahan tempa akan hangus, bahkan senjata bisa PECAH & HILANG.


Untuk melakukan proses penempaan, yang harus dilakukan adalah menemukan NPC Ahli Disassemble yang ada di setiap kota. Bahan yang dibutuhkan untuk menempa senjata dan armor adalah:
  • Oridecon / Ernium Powder untuk level 25-39
    Oridecon / Ernium Powder bisa didapat dari pecahan senjata dan armor level 25-39.



    Untuk memcahnya, bisa menggunakan Fairy Stone yang bisa dibeli dari Ahli Disassemble.
  • Oridecon / Ernium Crystal untuk level 40 49
    Oridecon / Ernium Crystal bisa didapat dari pecahan senjata dan armor level 40-49 atau hasil craft dari Oridecon / Ernium Powder (Skill craft khusus Job Alchemist).



    Untuk memcahnya, bisa menggunakan Spirit Stone yang bisa dibeli dari Ahli Disassemble.
  • Oridecon / Ernium Piece untuk level 50
    Oridecon / Ernium Crystal bisa didapat dari pecahan senjata dan armor level 50 atau hasil craft dari Oridecon / Ernium Crystal (Skill craft khusus Job Alchemist).



    Untuk memcahnya, bisa menggunakan Magic Stone yang bisa dibeli dari Ahli Disassemble.
  • Karnium (Item Mall)
    Karnium bisa digunakan untuk melindungi senjata saat proses penempaan. Penggunaan karnium sangat penting, karena tanpa menggunakan item ini, ada kemungkinan senjata / armor epic akan PECAH & HILANG.


Cara memasang rune di Ragnarok Online 2

Cara lain untuk meningkatkan stat senjata dan armor adalah dengan memasang rune. Rune bisa diperoleh dari hasil craft khusus job artisan. Terdapat 5 pilihan rune, STR, INT, AGI, WIS, dan VIT yang masing-masing terdapat pilihan mulai dari +1 sampai +5.
  • +1 bisa digunakan untuk senjata / armor level 25.
  • +2 bisa digunakan untuk senjata / armor level 30.
  • +3 bisa digunakan untuk senjata / armor level 35.
  • +4 bisa digunakan untuk senjata / armor level 40.
  • +5 bisa digunakan untuk senjata / armor level 45.
Ada juga pilihan untuk menggunakan enhanched rune, mulai dari +6 hingga +10 yang bisa didapatkan dengan item mall (saat ini belum tersedia untuk iRO). Jumlah rune yang dipasang, tergantung ketersediaan lubang pada senjata / armor, yang bisa dilihat dari keterangan ketika item didekati cursor.

Lubang akan bisa diisi rune hanya jika sudah dibuka menggunakan runehole puncher yang bisa didapatkan dari hasil craft job blacksmith.



  • Cast Iron Runehole Puncher untuk level 29 keatas.
  • Drill Runehole Puncher untuk level 34 keatas.
  • Screw Runehole Puncher untuk level 39 keatas.
  • Spark Runehole Puncher untuk level 44 keatas.
  • Rocket Runehole Puncher untuk level 50.
Jika ingin melakukan kedua hal diatas, tentunya diperlukan zeny yang tidak sedikit untuk membeli bahan-bahan dan biaya NPC. Tutorial cara mudah mendapatkan zeny di Ragnarok Online 2 bisa diterapkan untuk mendapatkan zeny di RO2.

0 Response to Cara Memperkuat Senjata dan Armor di Ragnarok Online 2 (RO2)

Post a Comment