Membuat Objek Primitif di GLUT (OpenGL Utility Toolkit)

Pada GLUT (OpenGL Utility Toolkit), terdapat beberapa objek primitif yang bisa dibuat, yakni :
  1. Titik (vertex)
  2. Garis (line)
  3. Bangun 2D (face)
Beberapa fungsi yang bisa digunakan untuk membuat objek-objek primitif tersebut adalah :
  • GL_POINTS
  • GL_LINES
  • GL_LINE_STRIP
  • GL_LINE_LOOP
  • GL_TRIANGLES
  • GL_TRIANGLE_STRIP
  • GL_TRIANGLE_FAN
  • GL_QUADS
  • GL_QUAD_STRIP
  • GL_POLYGON
Contoh script untuk membuat objek primitif 

#include <stdlib.h>
#include <glut/glut.h>

void drawPoligon(int x, int y) {
glBegin(GL_POLYGON);
glVertex2i(x-100,y);
glVertex2i(x-100,y+100);
glVertex2i(x,y+100);
glVertex2i(x,y);
glVertex2i(x+100,y);
glVertex2i(x+100,y-100);
glVertex2i(x-20,y-100);
glVertex2i(x-150,y-150);
glEnd();
}

void renderScene(void) {
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
drawPoligon(0, 0);
glFlush();
}

void main(int argc, char **argv) {
glutInit(&argc, argv);

glutInitDisplayMode(GLUT_DEPTH | GLUT_SINGLE | GLUT_RGBA);
glutInitWindowPosition(100,100);
glutInitWindowSize(320,240);

glutCreateWindow(" Pemrograman Grafis GLUT ");
gluOrtho2D(-320.,320.,-240.,240.);
glutDisplayFunc(renderScene);
glutMainLoop();
}

Hasil


0 Response to Membuat Objek Primitif di GLUT (OpenGL Utility Toolkit)

Post a Comment