Tips, Trik, dan Guide Game Soul Seeker



Soul Seeker merupakan sebuah game RPG dari Com2us (publisher Summoners Wars) yang dirilis secara global pada bulan Februari 2015. Game ini tersedia untuk platform Android dan iOS. Sebelum memulai, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk memainkan game ini.

Interface (Antarmuka)

Main screen


  • Keys
    Keys digunakan untuk bermain di Skenario Mode. Jumlah maksimal key ditentukan oleh level. Keys akan didapatkan secara gratis setelah waktu tertentu, atau bisa juga membeli secara langsung.
  • Gold
    Gold digunakan untuk membeli barang, power-up hero, combine hero, destroy hero, dan craft. Gold bisa didapatkan dengan menyelesaikan misi, atau menjual hero dan item.
  • Gems
    Gems adalah item premium yang bisa digunakan untuk mendapatkan hero / item. Gems bisa didapatkan dari hadiah misi, event, atau membeli secara langsung menggunakan in-app-purchases (menggunakan uang nyata).
  • Lucky Points
    Lucky points digunakan untuk mendapatkan lucky box yang berisi item acak. Pemain dapat mengirim dan menerima lucky points dengan pemain lain.
  • Inbox
    Berisi item-item yang diterima pemain, baik dari teman ataupun dari GM.
  • Settings
    Berisi beberapa opsi pengaturan game, termasuk grafis, efek suara, musik, dan lain-lain.
  • Chatting
    Fitur untuk mengobrol dengan pemain lain.
  • Goblin Marble
    Mini game untuk mendapatkan item secara acak yang dapat digunakan secara gratis dalam waktu tertentu, atau menggunakan gems.
  • Event
    Berisi info event yang sedang berlangsung.
  • Friends
    Menu untuk mengakses friend list dan mengirimkan lucky points.
  • Hero/Item
    Menu untuk mengakses hero dan item, serta melakukan sesuatu yang berhubungan dengan hero dan item.
  • Missions
    Menu untuk mengakses daftar misi harian, mingguan, dan achievment.
  • Hero Book
    Menu untuk melihat daftar hero dan item.
  • Shop
    Menu untuk membeli gold, gems, dan item lain.
  • Guild
    Menu untuk melihat informasi guild yang sedang diikuti, mencari guild, atau membuat guild baru, serta berbagai hal yang berhubungan dengan guild.
  • Scenario
    Menu untuk memulai permainan mode skenario untuk menyelesaikan misi dan mendapat hero, gold, dan item lain.
  • Battle
    Menu untuk memulai permainan Arena atau Tower of Devils.

Battle Screen


Di layar pertempuran, terdapat info pertempuran dan beberapa tombol untuk memainkan game.

  • Info leader (avatar, level, dan HP) ditampilkan di bagian kiri atas. Saat melawan bos, HP bos akan ditampilkan di sebelah kanan info leader.
  • Info stage yang sedang dimainkan dan gold yang telah didapat dari stage saat ini berada di bagian atas kanan di sebelah tombol pause dan chat.
  • Moving pad (untuk menjalankan hero) bedara di bagian bawah kiri.
  • Auto mode ada di sebelah moving pad, fungsinya untuk menjalankan game secara otomatis. Auto mode hanya tersedia di stage 1 - 3.
  • Skill hero leader dan support berada di bagian bawah kanan.

Pemain juga bisa menggunakan mode auto skill, jika stage telah berhasil diselesaikan sebelumnya. Untuk mengaktifkannya, centang pilihan auto skill yang berada di sebelah kiri tombol start saat memilih team dan hero teman yang akan digunakan untuk bermain.

Hero

Leader/Supporter


Hero dibagi menjadi beberapa race (human, beast, fairy, devil) dan type (attack, defense, support, all-around). Level hero akan meningkat hingga maksimal level 30 jika digunakan untuk bertarung atau meningkatkan secara instant (random) menggunakan gems. Level-up secara instant bisa diakses melalui menu Hero/Item yang ada di main screen. Pilih hero yang akan di power-up dan akan ada menu random level-up di bagian kanan layar.

Soul Seeker menerapkan sistem leader dan supporter. Untuk memulai game, pemain harus membentuk sebuah tim yang terdiri dari 1 hero leader, dan 2-4 hero supporter. Leader akan bertambah kuat jika supporternya memiliki efek yang bagus untuk leader.

Hero Skill

Hero Skill dibagi menjadi 3:

Skill Skill utama untuk menyerang lawan atau heal (memulihkan HP). Skill ini akan ditampilkan di bagian kanan bawah layar saat bertarung dan memiliki cooldown (waktu tunggu).
Add Effect Add Effect adalah efek tambahan yang aktif saat Skill utama digunakan.
Support Effect Support Effect aktif saat hero digunakan sebagai supporter.

Hero Power-up

Selain dengan cara level-up, hero yang didapatkan bisa ditingkatkan stats-nya dengan cara power-up. Tingkat maksimal power-up adalah +7. Untuk melakukannya, diperlukan beberapa hero sebagai material (tumbal) dan gold untuk biaya power-up.


Power-up bisa diakses melalui menu Hero/Item yang ada di main screen. Pilih hero yang akan di power-up dan akan ada menu upgrade di bagian kanan layar. Hasil power-up dipengaruhi hero yang digunakan sebagai material, semakin banyak bintang semakin banyak exp yang didapat. Terdapat juga hero khusus yang digunakan untuk bahan power-up dengan exp yang tinggi.

Exp yang didapat akan semakin banyak jika mendapat hasil Great (+150%) atau Excellent (+200%).

Hero Combination

2 hero yang di-combine akan menghasilkan satu hero baru dengan kelas diatasnya, misalnya 2 hero bintang 5 jika di-combine akan menghasilkan 1 hero bintang 6. Syarat unuk combine:

  1. Jumlah bintang (kelas) antara kedua hero yang akan di-combine harus sama
  2. Kedua hero harus level 30
  3. Kedua hero harus diupgrade hingga +7

Jangan lupa melepas seluruh equip 2 hero yang akan di combine sebelum melakukan combination.

Hero Destruction

Hero destruction merupakan kebalikan dari combination. Satu hero bisa dipecah menjadi 2 hero baru dengan kelas dibawahnya, misalnya hero bintang 6 jika di-destruct akan menghasilkan 2 hero bintang 5. Diperlukan gold untuk melakukan proses ini.

Mengapa melakukan hero destruction? Jika pemain memiliki 2 hero yang sama, maka salah satunya bisa di-destruct untuk mendapatkan hero baru karena dalam satu team tidak diperbolehkan menggunakan hero yang sama.

Item (Equip)


Hero dapat menggunakan 3 jenis item untuk meningkatkan stats.

Weapons Meningkatkan attack power
Armor Meningkatkan defense
Accessories Meningkatkan HP

Selain peningkatan diatas, item dengan grade tinggi juga memiliki bonus stats lain. Stats dari item ini tidak mempengaruhi supporter effect.

Item bisa didapatkan dari battle rewards atau item crafting.

Item Crafting

Item spesial bisa dibuat menggunakan bahan-bahan yang didapatkan dari reward saat memenangkan battle.

Gameplay

Scenario Mode


Mode skenario merupakan game petualang untuk melawan devil dan mempelajari sejarah Hermes. Reward yang bisa diperoleh adalah bahan craft, hero, item, dan gold. Diperlukan satu key untuk bermain di tiap stage di skenario mode.

Di akhir tiap map dalam skenario mode, akan ada bos spesial yang harus dikalahkan untuk bisa masuk ke map selanjutnya.

Terdapat 3 level yang bisa dipilih dalam skenario mode: normal, hard, dan hell. Hero rare bisa didapatkan dari mode hard dan hell yang akan terbuka setelah mode normal selesai.

Gold yang didapat sebagai reward akan semakin banyak jika berhasil menyelesaikan stage lebih cepat.

Arena

Arena merupakan game PvP (player versus player). Semua pemain harus bersaing dengan pemain lain untuk berebut posisi score tertinggi dan mendapat Glory Point yang bisa ditukar dengan gems.

Diperlukan 1 tiket untuk tiap permainan di arena. Tiket ini bisa didapatkan secara gratis setiap 30 menit, dan dapat menampung maksimal 10 tiket.


  • Total ranking adalah list seluruh pemain di server yang diurutkan dari skor tertinggi.
  • Friend ranking adalah list ranking teman.
  • Ranking info berisi informasi ranking kita.

Ranking ini akan direset setiap minggu, dan saat direset, pemain akan mendapatkan glory point sesuai dengan rankingnya (bisa dilihat melalui menu Reward). Rangking diperoleh saat pemain memasuki arena, jika menang melawan musuh rangking akan bertambah. Namun jika kalah rangking akan dikurangi.

Saat memasuki arena, pemain bisa memilih salah satu dari tiga buff yang disediakan:

  • Buff attack 10%
  • Buff defense 10%
  • Buff HP 10%

Tower of Devils


Tower of Devils merupakan tempat pengumpulan Devil's Pieces atau reward khusus saat menyelesaikan masing-masing lantai untuk pertama kali. Terdapat 4 macam Tower of Devils yang masing-masing terdiri dari 25 lantai, yakni: Tower of Insanity, Tower of Despair, Tower of Chaos, dan Tower of Destruction.

Pemain akan mendapatkan devil jika berhasil mengumpulkan ke-25 devil's pieces yang merupakan salah satu reward saat menyelesaikan lantai. Masing-masing devil's pieces bisa didapatkan dari lantai yang berbeda-beda:

Devil's Piece Floor / Lantai
Piece 1 F1 - F2
Piece 2 F1 - F2 - F3
Piece 3 F1 - F2 - F3 - F4
Piece 4 F3 - F4 - F5 - F6
Piece 5 F5 - F6 - F7
Piece 6 F6 - F7 - F8 - F9
Piece 7 F7 - F8 - F9
Piece 8 F8 - F9 - F10
Piece 9 F9 - F10 - F11
Piece 10 F10 - F11 - F12
Piece 11 F11 - F12 - F13
Piece 12 F12 - F13 - F14
Piece 13 F13 - F14 - F15
Piece 14 F14 - F15 - F16
Piece 15 F15 - F16 - F17 - F18
Piece 16 F15 - F16 - F17 - F18
Piece 17 F17 - F18 - F19
Piece 18 F18 - F19 F20
Piece 19 F19 - F20 - F21
Piece 20 F20 - F21 - F 22
Piece 21 F21 - F22 - F23
Piece 22 F22 - F23 - F24
Piece 23 F23 - F24 - F25
Piece 24 F24 - F25
Piece 25 F25

Diperlukan 1 keys spesial untuk masuk ke Tower of Devils. Key khusus ini bisa didapatkan secara gratis setiap 1 jam, dan dapat menampung maksimal 5 key.

Tips-Trick

Mendapatkan Gems Gratis

Bagi yang baru saja memulai untuk bermain Soul Seeker, jangan lupa untuk menginvite teman-teman dari HIVE atau Facebook untuk mendapatkan Gems Gratis. Batas maksimal invite adalah 10 teman per hari.


Tips & Trick lain akan segera hadir!!

Mendapatkan Item Gratis dari Goblin Marble


Jangan lupa untuk membuka goblin marble setiap 4 jam sekali untuk mendapat item-item menarik secara GRATIS!!

Referensi: HIVE: Soul Seeker Game Guide

15 Responses to Tips, Trik, dan Guide Game Soul Seeker

  1. Anonymous24/1/15

    Mana link playstorenya? Ane cari kok gak ketemu

    ReplyDelete
    Replies
    1. https://play.google.com/store/apps/details?id=com.com2us.soulcollector.normal.freefull.google.global.android.common

      Masih negara tertentu yg bisa download gan, rilis global katanya tgl 29, tapi kalau ngebet pengen main bisa pakek vpn

      Delete
  2. Anonymous3/2/15

    gan ente hapenya pake apa?? pengen tau min reqnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ane pakek Nexus 5 gan, ada yg bilang minimal RAM 1 GB biar lancar jaya, tapi ada juga yg RAM dibawah 1 GB tetep jalan meskipun agak lag.

      Delete
  3. Sebenarnya Game Soul Seeker bisa di jalankan di ram 512mb tpi karena sedikitnya GPU yg di tanamkan di smartphone yang di gunakan maka grafiknya kurang lancar yang menimbulkan lag & sering force close apabila HP sudah panas. Dan saya ingin bertanya bisa tidak main soul seeker di bluestack ? Mohon jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kebanyakan HP RAM 512 grafiknya kurang bagus juga.
      Kalau bluestack belum pernah coba, tapi kalau dilihat dari beratnya game, kayaknya kalau bisa pun bakalan ngelag dan susah mainnya.

      Delete
  4. Anonymous10/2/15

    saya sudah mencoba di bluestack dan alhasil unauthorized program. suruh pake perangkat mobile -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bad news bagi para pengguna Bluestack :'(

      Delete
  5. Anonymous10/2/15

    kok saya instal di andro saya anauthorized mulu pas update awal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau nggak ada aplikasi2 berbau cheat, biasanya setelah di restart bisa tuh

      Delete
  6. Brapa mb gan tuk memori internl nya yg trpake buat tu game....???

    ReplyDelete
  7. Gmna cara'a ya biar gk lag.. Soal'a RAM ane cuman 512MB -_-

    ReplyDelete
  8. Gan. Cara menaikan bintang tanpa combaine bs nga?

    ReplyDelete
  9. gan, chat guild channel indo apa?

    ReplyDelete